Rabu, 12 Agustus 2009

cemburu?


Lagi cemburu nih?
Dari HR.ahmad abu dawud dan an-nasa’i, rosulullah bersabda : “…sesungguhnya ada dianatara cemburu yang disukai allah, dan ada pula yang dibenci allah. Cemburu yang di sukai allah adalah cemburu yang disertai keragu-raguan. Sedangkan cemburu yang dibenci allah adalah cemburu tanpa keraguan lagi…”
Nah……maksudnya cemburu yang disertai ragu-ragu yang disukai allah adalah cemburu yang disertai dengan tidak yakin atau baru prasangka, lalu berusaha untuk di kroscek , kalau terbukti nggak bener, maka diselesaikan dengan komunikasi baik-baik.
Kemudian cemburu yang dibenci allah adalah cemburu yang langsung dilanjutin dengan Vonis, tanpa kroscek, penyelidikan, tidak memberi hak jawab (kesempatan menjelaskan) kepada tertuduh, dan mengabaikan asas praduga tak bersalah. Langsung yakin dugaannya pasti benar. Padahal belum tentu. Bahkan sangat mungkin keliru.
Mengapa di benci? Karena dampaknya serius. Minimal, untuk masa-masa selanjutnya jadi sulit membangun kepercayaan dan menjalin kerukunan di antara keduanya. Cemburu manakah yang anda rasakan sekarang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar